Selasa, 08 Desember 2015

[Praktikum beton pekan ke -2] Kelompok 3 – Rancangan Desain Beton - Larasita


PRAKTIKUM BAHAN BANGUNAN LAUT 2

Pada tanggal 5 November 2015, saya dan teman-teman saya akan praktikum bahan bangunan laut. Pada kali ini, kita akan melaksanankan praktikum mix design concrete. Dimana, disini kita akan membuat beton. Pada praktikum sebelumnya, kita telah mengetahui proporsi dari bahan-bahan yang akan digunakan untuk membuat beton. Lalu, sebelumnya kita juga telah melakukan perencangan design. Perancangan tersebut diidapat dari perhitungan berbagai kelompok. Jadi, praktikum ini akan dilaksanakan per kelompok besar. Adapun kelompok besar saya mendapat perancangan yang membuat beton dengan kekuatan 250.

-          Perancangan Mix Design: dari data yang didapat di praktikum sebelumnya, dapat dihitung rancangan design kita.
 

-          Setelah kita mengetahui rancangan design kita. Kelompok besar saya, membagi-bagi tugas. Ada yang mengambil air, mengambil semen, mengambil agregat halus dan kasar yang sebelumnya disaring terlebih dahulu.

 

-          Kebetulan, kelompok saya mendapat tugas untuk mengambil semen.

 

-          Setelah masing-masing kelompok kecil telah mengambil bahan-bahannya,kita akan mencampurkan seluruh bahan-bahan tersebut ke dalam mixer



-          Sebelumnya kita mengoleskan oli di bekisting terlebih dahulu.



Gbr.5 Bekisting yang telah diberi oli

-          Selanjutnya, seluruh bahan-bahan dimasukkan kedalam mixer dan dicampur.


 

Gbr.6 Proses mencampurkan seluruh bahan di mixer

-          Setelah seluruh bahan tercampur secara merata, kita akan mengadakan pengujian slump. Campuran beton tersebut dimasukkan kedalam tabung kerucut sebanyak 1/3 nya. Lalu, campuran beton dipukul sebanyak 25 kali. Setelah itu dimasukkan lagi 1/3 nya dan dipukul lagi sebanyak 25 kali. Kemudian, masukkan lagi campuran beton sebanyak 1/3 hingga penuh lalu ratakan.
 
 
Gbr.7 Proses pengujian Slump Test

-          Setelah campuran beton sudah terisi penuh, angkan tabung kerucut tersebut, dan ukur slump yang dihasilkan berapa.

  
Gbr.8 Hasil Slump

-          Karena ukuran slump yang dihasilkann sesuai dan memenuhi standar, maka campuran beton berhasil dan dapat dimasukkan kedalam bekisting.

-          Masukkan campuran beton tersebut kedalam bekisting sambil mengaduknya dengan sebuah alat.



Gbr. 9 Campuran beton dan pengadukan didalam beskisting

-          Setelah campuran beton dimasukkan kedalam seluruh bekisting tunggu selama 12 jam sampai campuran tersebut kering.


Gbr.10 Campuran yang telah dimasukkan kedalam bekisting

 

 

Itulah apa saja yang saya dan teman-teman saya lakukan di praktikum Bahan Bangunan Laut yang kedua.




Gbr. 11 Saya dan teman kelompok saya pada paraktikum kedua

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar