Sabtu, 07 November 2015

Wood Plastic Composite


Pengertian Wood Plastic Composite

Wood Plastic Composite , atau yang sering disebut WPC, secara bahasa dapat diartikan sebagai komposit kayu-plastik. Komposit bisa diartikan sebagai campuran, sehingga dapat dikatakan bahwa WPC adalah campuran antara kayu dan plastik. Sebuah material baru yang tersusun dari elemen kayu dan plastik yang dilebur menjadi satu dan membentuk sebuah material baru, yaitu WPC. WPC adalah alternatif  pengganti kayu masa kini, inovasi terbaru teknologi Jepang karena harga kayu semakin meningkat dan dunia harus menjaga penggunaan kayu.

WPC merupakan gabungan antara serat selulosa alam seperti serat atau serbuk kayu, sekam padi, batang tebu dan polimer atau plastik (vinyl) baik yang masih orsinil ataupun daur ulang. Dengan komposisi serat plastik 50% dan serbuk kayu 50%, WPC memberikan kekuatan dan keindahan menyerupai kayu dengan daya tahan dan kelebihan serta keunggulan polimer atau plastik.

WPC terbuat dari kayu-plastik dan dicampur dengan bahan-bahan seperti:

-          Anti UV        : membuat produk tahan terhadap panas matahari dan api.

-          Anti jamur    : membuat produk tahan jamur atau lumut jika terjadi lembab pada saat terkena air dan hujan.

-          Anti rayap    : membuat produk tahan terhadap serangan serangga, sehingga tidak keropos.

2.2 Kegunaan Wood Plastic Composite

Wood Plastic Composite telah banyak digunakan saat ini. Berikut merupakan beberapa contoh penggunaan Wood Plastic Composite dalam kehidupan sehari-hari.

a.    Bahan bangunan dan konstruksi

WPC digunakan sebagai bahan bangunan dan kontruksi karena sebagai alternatif pengganti kayu. WPC memberikan kekuatan dan keindahan menyerupai kayu dengan daya tahan dan kelebihan serta keunggulan polimer atau plastik. Bangunan dan kontruksi yang berbahan dasar WPC bukan hanya bangunan di darat saja, melainkan bangunan-bangunan yang ada di laut juga menggunakan WPC.

b.    Manufaktur WPC komponen struktural

WPC juga digunakan sebagai komponen struktural seperti tumpukan laut, dermaga rel, hambatan sekat-perlindungan, bagian kereta api dan bekisting untuk pekerjaan konstruksi.

 

c.    Bahan furniture dan interior

Selain digunakan sebagai bahan bangunan dan konstruksi, WPC juga sering digunakan sebagai bahan furniture dan interior.




  d.    Dapat digunakan sebagai lantai, dinding, pagar, plafon di indoor maupun outdoor







e.    Industri

f.    Infrastruktur

Tidak ada komentar:

Posting Komentar